Jumat, 09 September 2016

25. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN METODE STAD DAN ALAT BANTU MBDW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD 1 ........................,

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Secara garis besar, materi pelajaran Matematika di kelas V sekolah dasar dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu bilangan, geometri dan pengukuran. Materi bilangan, peserta didik dituntut mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Sedangkan materi pembelajaran geometri dan pengukuran, peserta didik dituntut mampu menghitung jarak, waktu, berat, luas volum, dan sifat-sifat bangun datar.

Prestasi belajar peserta didik kelas V SD 1 ........................ dalam mengikuti pembelajaran Matematika rendah. Banyak materi pembelajaran yang belum dapat dicapai secara tuntas. Konsep materi pelajaran bangun datar belum dikuasai secara mendalam. Peserta didik merasa berkesulitan dalam menghitung luas dan menentukan sifat-sifat bangun datar.
Di samping itu, guru kurang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran tentang bangun datar. Sering terjadi anggapan oleh guru bahwa materi yang diajarkan sangat mudah sehingga penyajian materi pelajaran bangun datar cukup hanya dengan cerita. Peserta didik hanya sebagai pendengar. Peserta didik pasif, kurang tertarik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Materi pembelajaran disampaikan secara abstrak.
Banyak upaya untuk mengatasi kendala yang ada. Salah satu usaha untuk mengatasi berbagai kesulitan pembelajaran dengan materi pelajaran bangun datar di kelas V adalah model pembelajaran STAD dengan menggunakan alat bantu MBDW (Model Bangun Datar Warna-warni). Model-model bangun datar tersebut merupakan upaya konkritisasi dari bentuk abstrak bangun datar. Dengan alat bantu model bangun datar tersebut, peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dari guru sesuai dengan perkembangan daya nalarnya.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian dapat dirumuskan, sebagai berikut.
  1. Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan?
  2. Apakah pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW efektif?

  1. Tujuan
Penelitian tentang pembelajaran bangun datar dengan alat bantu model bangun datar ini bertujuan, sebagai berikut.
  1. Mendeskripsikan proses pembelajaran bahwa dengan metode STAD dan alat bantu MBDW menyenangkan.
  2. Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan metode STAD dan alat bantu MBDW.

  1. Manfaat
Manfaat dari hasil penelitian ini, sebagai berikut.
  1. Bagi guru
a.    Sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang dikelolanya, sehingga proses dan hasil dari pembelajaran mengalami peningkatan.
b.    Sebagai wahana dalam peningkatan profesionalitas guru karena mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
c.    Sebagai wahana penumbuhan rasa percaya diri bagi guru.
  1. Bagi peserta didik
a.    Peserta didik meningkatkan prestasi belajarnya.
b.    Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran yang menarik.
  1. Bagi sekolah
a.    Memiliki guru yang profesional dalam mengelola pembelajaran di depan kelas.

b.    Sekolah dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.


Unknown

Author & Editor

Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.