BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Mata pelajaran matematika di sekolah dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif.
Selain membina perubahan dan harapan kehidupan pada anak, juga mempersiapkan siswa agar menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan seari hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
Pentingnya pembelajaran matematika disekolah dasar juga dituangkan dalam GBPP matematika SD, bahwa pengajaran matematika di SD dapat menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung (Menggunakan Bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
Keberhasilan pembelajaran matematika ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan tujuan yang telah ditetapkan.
Metematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal segi tiga, segi empat, dan lingkaran.
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di SD adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan-kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten dan mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, mencoba-coba serta kemampuan memecahkan masalah. Menurut Jean Peaget dan teman-temannya menunjukkan bahwa anak tidak bertindak dan berfikir sama seperti orang dewasa lebih-lebih dalam pembelajaran matematika di SD, suatu yang abstrak dapat saja dipandang sedrhana menurut kita yang sudah formal, namun dapat saja menjadi sesuatu yang sulit dimengerti oleh anak yang belum formal. Dengan latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul “penerapan metode variasi untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa Kelas III SDN ………………… Tahun Pelajaran …………..”
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dibuat rumusan masalah yaitu Apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas III semester II SDN ........... Kecamatan ................. - Kabupaten ....................... ?
- Tujuan Penelitian
Berdasarkan Rumusan Masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas III semester II SDN ........... Kecamatan ................. - Kabupaten .......................?
- Manfaat Penelitian
a. Bagi Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang eksakta untuk mempertimbangkan penggunaan berbagai metode.
b. Bagi guru bidang studi eksakta : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi eksakta.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.