BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Penelitian
Telah disadari bersama dalam era pembangunan jangka panjang yang telah dilaksanakan pemerintah republuk Indonesia ini dalam rangka mengembang amanat Proklamasi Kemerdekaan, khususnya bidang pendidikan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 pada alenia ke empat telah dinyatakan turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan hal tersebut sistem Pendidikan Nasional juga telah menetapkan dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003.
Dengan demikian pendidikan menempati skala perioritas dalam pembangunan, untuk menghasilkan dan mewarisi generasi yang berkualitas, tujuan pendidikan digariskan sebagai berikut :
Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, kerja keras, tanggung jawab, tangguh, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan Nasional juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa cinta kesetiakawanan nasional. Sejalan dengan itu dikembangkan iklim belajar dan mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovasi dan konduktif serta kreatif. ( GBHN, 2004: 59 ).
Oleh karena itu Pemerintah selalu berupaya untuk memajukan dan meningkatkan bidang Pendidikan tersebut.
Pendidikan pada hakekatnya adalah untuk membentuk tunas-tunas muda yang cakap, trampil dalam ikut melaksanakan cita-cita bangsa. Sudah barang tentu tunas-tunas muda harus mempunyai keseimbangan atau keharmonisan dalam hidupnya, antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
Anak didik secara umum yang duduk di bangku Sekolah Dasar masih dalam taraf perkembangan fisik maupun non fisik. Perkembangan fisik pada anak memerlukan perhatian khusus, perhatian ini meliputi kebutuhan gizi, kesehatan, keberhasilan linhkungan dan yang terpenting adalah energi yang dibutuhkan.
Partisipasi dan peranan pengawas sekolah sebagai Pembina bagi pelaku pendidik di sekolah ini sangatlah menentukan, karena pekembangan tersebut dialami secara bertahap-tahap sehingga pengawas sekolah harus mampu menyesuaikan kebutuhan baik sarana maupun prasarana bagi perkembangan dan kemajuan sekolah tersebut. Dengan perkembangan fisik anak yang berjalan dengan normal akan berpengaruh juga dalam perkembangan non fisik.
Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah atau lazim disebut dengan pembinaan UKS ditujukan untuk membina dan membimbing guru agar mampu menjaga kesehatan untuk dirinya sendiri, para staf sekolah serta siswa maupun untuk lingkungan di sekitar sekolah artinya keberhasilan daripada Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah akan bermanfaat bagi guru dan siswa. Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah bukanlah tangung jawab sekolah semata namun juga tanggung jawab supervisor kependidikan. Dengan demikian perhatian dan bimbingan dari pengawas sekolah akan lebih berpengaruh terhadap pelaksanaan kesehatan pada diri anak dan guru serta staf di sekolah. Selain itu peran pengawas sekolah juga dituntut aktif dalam ikut menunjang keberhasilan dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di kelas.
Berdasarkan pemikiran diatas, maka terdorong keinginan penulis untuk selaku pengawas sekolah, di sini di plot sebagai observer dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah, mengadakan penelitian tentang Pengaruh peran aktif pengawas sekolah terhadap Keberhasilan pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah yang di selenggarakan di Sekolah Dasar Negeri ___________ Kecamatan ___________ Kabupaten ______ Propinsi ___________ pada tahun pelajaran ____/____.
B. Rumusan Masalah Penelitian Tindakan Sekolah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri _______ Kecamatan _______ Kabupaten _______ Propinsi _______ pada tahun pelajaran _____ /____ ?
2. Bagaimana pengaruh partisipasi aktif Pengawas Sekolah terhadap keberhasilan Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri _______ Kecamatan _______ Kabupaten _______ Propinsi _______ pada tahun pelajaran _____ /____ ?
C. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah
1. Tujuan Umum
a. Untuk melaksanakan salah satu tugas kepengawasan di tingkat pendidikan TK/SD
b. Untuk mendapatkan sekaligus memberikan wawasan keilmuan yang lebih luas serta arahan yang jelas bagi pembinaan pendidikan UKS di sekolah
c. Diharapkan berguna bagi perkembangan pendidikan dalam rangka memberi gambaran informasi bagaimana partisipasi dan peran aktif dalam meningkatkan keberhasilan Usaha Kesehatan sekolah.
1. Tujuan Khusus
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.